Blog tentang teknologi, kesehatan, sosial media, agama islam, dan ilmu pengetahuan internet lainnya.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Dengan Efektif

Artikel terkait : Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Dengan Efektif

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Dengan Efektif

Setiap minggu adalah sebuah studi baru mengungkapkan beberapa cara aneh untuk meningkatkan ingatan Anda. Misalnya, mengunyah permen karet dan menghirup coklat (tidak pada saat bersamaan) baru-baru ini dikaitkan dengan penarikan kembali yang lebih baik. Tidak mengherankan, bukti pendukung teori ini sedikit tipis. Tapi ada banyak metode penelitian yang sarat dengan saksama dan cermat untuk menyalakan ingatan dan retensi pikiran. Berikut 10 cara yang dapat membantu kamu dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

1. Tidur

Semakin sedikit Anda tidur, semakin banyak kemampuan kognitif Anda-termasuk ingatan Anda-akan menderita, menyimpulkan sebuah studi dari Finlandia. Beberapa penelitian terbaru dari Universitas Lübeck di Jerman juga menyarankan bahwa tidur adalah saat ketika otak Anda memilah dan menyimpan kenangan baru. Jika Anda kurang tidur, otak Anda tidak akan menyimpan atau mengingat informasi sebaik biasanya. Dan tidak ada jumlah tidur yang catch-up akan membawa kembali kenangan yang hilang itu, kata penulis studi Jerman tersebut. (20 cara tidur ini lebih baik setiap malam bisa membantu.)

2. Latihan

Tumpukan penelitian telah menghubungkan latihan dengan ingatan yang lebih kuat. Salah satu studi terbaru berasal dari British Journal of Sports Medicine. Di antara wanita yang lebih tua, latihan aerobik (berlari, berenang) secara signifikan meningkatkan volume hippocampus otak - struktur yang terlibat dalam memori verbal dan pembelajaran. Semakin banyak Anda bergerak, semakin banyak darah yang membawa oksigen dan nutrisi mengalir ke dan memberi makan otak Anda, kata penulis studi tersebut. Pada dasarnya, jika Anda menginginkan memori yang sehat, Anda perlu berolahraga.

3. Ngobrol dengan teman

Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi bercakap-cakap dengan orang lain mengharuskan otak Anda menyelesaikan beberapa proses tingkat tinggi sekaligus. Anda harus mengikuti apa yang orang tersebut katakan, menafsirkan makna kata-katanya, dan menghasilkan jawaban yang tepat. Semua itu membutuhkan usaha. Dan sebagai hasilnya, berbicara dengan orang lain-bahkan di telepon-cukup untuk meningkatkan daya ingat Anda secara signifikan, menunjukkan sebuah studi dari University of Michigan. Studi lain menemukan interaksi sosial sehari-hari membantu menangkis penyakit ingatan seperti Alzheimer.

4. Carilah pengalaman baru

Jika Anda tidak menantang otak Anda dengan tempat dan informasi baru, memori Anda akan terganggu, tunjukkan penelitian dari University College London. Aktivitas yang mengasyikkan memungkinkan mie Anda bermalas-malasan menjadi autopilot. Tapi hal baru - apakah Anda sedang menjelajahi jalur hiking baru atau mengambil teka-teki Sudoku - dapat merangsang otak dan ingatan Anda, yang ditunjukkan oleh penelitian di Inggris (dan banyak hal lainnya).

5. Tantang otak Anda

Satu studi dari Skotlandia menemukan orang-orang dengan pekerjaan yang membutuhkan banyak proses otak kompleks tingkat tinggi (arsitek, misalnya) cenderung memiliki kenangan yang lebih baik di kemudian hari. Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki pekerjaan itu? Membedah informasi yang Anda hadapi dengan cara top-down, dengan cara yang menyenangkan dapat membuat ingatan Anda tetap tajam, mengindikasikan penelitian dari University of Texas, Dallas. Misalnya, setelah menonton acara TV, cobalah untuk menyaring apa yang baru saja Anda lihat ke bagian-bagiannya. Apa gunanya episode itu? Pertumbuhan apa yang dialami karakter? Jadikan otak Anda bekerja, dan ingatan Anda akan tetap tajam.

6. Tertawa

Stres dan segala sesuatu yang terjadi bersamaan dengan itu (radang, tidur yang buruk) telah terbukti mengacaukan ingatan Anda. Tertawa tidak hanya menangkal stres, tapi juga memperbaiki ingatan jangka pendek Anda, menunjukkan serangkaian upaya penelitian dari Universitas Loma Linda. Hanya 20 menit menonton video lucu sudah cukup untuk meningkatkan ingatan jangka pendek, para peneliti menemukan.

7. Meditasi

Beberapa penelitian telah menghubungkan berbagai jenis meditasi dengan manfaat memori. Mengapa? Mempertahankan dan menyimpan informasi memerlukan fokus. Dan meditasi melibatkan pencabutan gangguan dan penajaman perhatian Anda dengan cara yang mendukung memori, menunjukkan sebuah studi dari University of California, Santa Barbara. Bahkan ada bukti bahwa meditasi meningkatkan aliran darah serebral - ingatan lain meningkatkan efek samping. (Cobalah meditasi singkat ini yang bisa dilakukan seseorang.)

8. Makan berry

Beberapa penelitian telah mengikat konsumsi buah beri-terutama blueberry-untuk meningkatkan daya ingat dan retensi ingatan. Berries dikemas dengan flavonoid, yang merupakan studi di Inggris yang terkait dengan peningkatan fungsi vaskular. Karena aliran darah yang lebih baik baik untuk otak Anda, flavonoid dalam buah beri bisa menjelaskan mengapa buah meningkatkan ingatan, para penulis studi Inggris berspekulasi.

9. Mengkonsumsi Vitamin D

Beberapa tahun terakhir telah melihat lonjakan besar dalam penelitian yang menghubungkan vitamin D dengan segala macam manfaat kesehatan. Beberapa penelitian tersebut menarik hubungan antara "vitamin sinar matahari" dan kesehatan otak dan memori. Satu, dari Oregon Health & Science University, menghubungkan tingkat vitamin D yang lebih tinggi untuk meningkatkan nilai memori verbal. Studi lain, yang satu ini dari Inggris, mengisyaratkan bahwa D dapat melindungi otak dari demensia.

10. Daydream

Beberapa eksperimen baru-baru ini menemukan bahwa pengembaraan pikiran memungkinkan otak Anda untuk katalog dan menyimpan kenangan dengan lebih baik. Satu studi di jurnal Neuron yang disarankan melamun benar-benar membantu memperbaiki ingatan Anda dengan cara yang mirip dengan tidur atau tidur siang. Di sisi lain, multita

Artikel Hikmal Abrar Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Anda dapat memberi tanggapan atau pertanyaan seputar artikel ini dengan menulisnya dikotak komentar.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Copyright © 2017 Hikmal Abrar. Powered by Blogger